Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19

  • Giyarsi Giyarsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Keywords: Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran daring, Covid 19

Abstract

Meskipun banyak hasil penelitian yang membahas tentang permasalahan pembelajaran Pendidiakan Agama Islam (PAI) di masa pandemi COVID 19 baik berupa skripsi, tesis maupun jurnal, namun belum ada penelitian yang lebih spesifik dan komprehensif dalam membahas tentang strategi alternatif dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam (PAI) di masa pandemi COVID 19. Tulisan ini berusaha untuk memberikan dasar teori dari alternatif-alternatif strategi pembelajaran yang dapat dijadikan rujukan untuk para pendidik dalam melakukan pembelajaran PAI secara daring. Jenis penelitian dari tulisan ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yang mengguakan pendekatan konsep (conseptual approach), dan pendekatan komparatif (comparative approach). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat strategi alternatif yang sangat relevan untuk digunakan dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam dimasa pandemi COVID 19, yaitu 1. Pembelajaran Discovery/Inquiry Terbimbing, yaitu strategi pembelajaran yang menitik beratkan pada kegiatan mencari dan menemukan sendiri yang dilakukan oleh siswa dibawah bimbinga guru. 2. Contextual Teaching Learning (CTL), yaitu suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata. 3. Problem Based Learning, yaitu suatu kegiatan pembelajaran yang berpusat pada masalah yang timbul dari siswa. strategi PBM ini sangat efektif untuk melatih siswa aktif sebagai pemberhati sosial. 4. Student Active Learning, yaitu cara belajar siswa aktif, artinya aktivitas yang ditunjukkan siswa meliputi aktivitas fisik dan juga mental, sehingga kegiatan belajar siswa bukan hanya mendengar, tetapi juga membaca, menulis, dan berdiskusi serta menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi suatu permasalahan. Dari empat strategi tersebut, guru dapat memilih salah satu strategi yang sesuai dengan jenis materi PAI yang disampaikan dengan tetap memperhatikan kebutuhan siswa.

References

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 07 No. 01.

Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5.

Awang, Imanuel Sairo. 2017. Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Sintang: Penerbit STKIP Persada Khatulistiwa.

Budiyanto, Moch. Agus Krisno. 2016. SINTAKS 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Bulan, Sri dan Husniyatus Salamah Zainiyati. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir Dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Syamil Jurnal Pendidikan Agama Islam/Journal of Islamic Education Volume 8. Nomor 1.

Haidir dan Salim. 2014. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publising.

Haryati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Sleman: Aswaja Pressindo.

Jaelani, Ahmad, dkk. 2020. Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS Vol. 8 No. 1.

Juaningsih, Imas Novita, dkk. 2020. Optimalisasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan COVID-19 Terhadap Masyarakat Indonesia. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 6.

Mahmudi. 2019. Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2, No. 1.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembeelajaran. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Marzuki, Peter Mahmud. 2005. Penelitian Hukum. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Mukrimah, Sifa Siti. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi.

Nafis, M. Muntahibun. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Teras.

Naim, Ngainun. 2011. Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyun. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rianto, Milan. 2006. Bahan Ajar Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.

Sapuadi. 2019. Strategi Pembelajaran. Medan: Harapan Cerdas.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamdinata, Nana Saodih. 2006. Pengembangan Kurikulum teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sulaiman. 2017. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI); Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Sumantri, M. S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar . Jakarta: Rajawali Pers.

Suntoro, Ranu dan Hendro Widoro. 2020. Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MUDARRISUNA Vol. 10 No. 2.

Surat Edaran No. 57/2020 Tanggal 28 Mei 2020 Tentang Perpanjangan Pelaksanaan Kerja dari Rumah/Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 4 Juni 2020.

Susilo, dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 7.

Syahfitri, Riska, dkk. 2020. Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Ulum Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, N0. 1.

Tuwu, Darmin. 2020. Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Journal Publicuho Volume 3. No. 2.

Umar, Bukhari. 2007. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah
Published
2020-02-27
How to Cite
Giyarsi, G. (2020). Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. GHAITSA : Islamic Education Journal , 1(1), 224-244. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v1i1.108
Section
Articles